Senin, 15 Juli 2013

Pengertian Magnet | Magnet Permanen dan Magnet tidak Permanen

Magnet adalah suatu benda yang dapat menarik benda lain yang terbuat dari besi, baja,   nikel, kobalt, ataupun campuran dari logam-logam tersebut. Pada umumnya magnet terbuat dari besi, baja atau campuran logam lain dengan besi atau baja. Magnet selalu mempunyai dua kutub yakni Kutub Utara dan Kutub Selatan.

Magnet  mempunyai  bermacam- macam  bentuk  tetapi  yang  sering  dijumpai adalah bentuk magnet batang, magnet U (ladam), magnet jarum dan lain sebagainya. Kalau magnet dapat berputar bebas maka magnet akan selalu menunjuk arah utara dan selatan , kutub magnet utara menunjuk arah utara geografis dan kutub selatan menunjuk arah selatan geografis. Kutub yang tak sejenis  tarik-menarik  dan  kutub  yang  sejenis  tolak-menolak.

  Gaya  tarik menarik  atau  tolak  menolak  pada  magnet  dinamakan    Gaya  Magnet.  Suatu ruang bila ditempatka n  magnet  dan  magnet  tersebut    mempunyai  pengaruh terhadap benda lain yang berada disekitar ruangan tersebut, maka pada ruangan tersebut terdapat medan magnet.

Menurut percobaan Oersted tentang medan magnet oleh arus listrik bahwa magnet yang berada dekat dengan suatu penghantar yang dialiri arus listrik akan merubah kedudukannya.

1.   Kaidah tangan kanan Ampere

Kalau suatu kompas   ditempatkan diatas telapak tangan yang kemudian terdapat arus listrik ( I ) dari pergelangan   menuju ke ujung jari maka ujung kutub utara kompas akan menyimpang serarah dengan ibu jari.

2.   Kaidah Kotrex Maxwell

Jika arah arus listrik menunjukan arah maju kotrek, maka arah garis gaya magnet yang ditimbulkan menunjukan arah putar kotrek
Jika  arah  arus  menunjukan  arah  putar  kotrek,  maka  arah  garis  gaya

magnet yang ditimbulkan menunjukan arah maju kotrek.


Berlanggan artikel via email

Entri Populer

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites