Sunday, 23 June 2013

dasar Semi konduktor Intrinsik

seperti kita tahu seminkonduktor dibagi menjadi 2 yaitu instrinsik dan ekstrinsik, kali ini akan dibahas semikonduktor instrinsik
untuk  menjadikan  pita  valensi  bertumpang  tindih dengan pita konduksi diantaranya diperlukan medan. Sebagai contoh : Si mempunyai celah energi 1 ev. Ini diperkirakan beda energi antara dua inti ion yang terdekat dengan jarak + 1 A0  (10–10  m). Maka  dari itu diperlukan gradien medan  + 1 V/10-10  m untuk menggerakan  elektron  dari bagian  atas pita valensi  ke bagian  bawah  pita konduksi. Namun gradien sebesar itu kurang praktis. Kemungkinan  lain  untuk keadaan transisi yaitu tumpang tindih kedua pita dapat diperoleh dengan pemanasan.

Pada suhu kamar ada  juga  beberapa  elektron  yang  melintasi  celah  energi  dan  hal  ini  menyebabkan terjadinya semi konduksi. Pada semi konduktor intrinsik, konduksi tersebut disebabkan proses intrinsik dari bahan tanpa adanya pengaruh tambahan. Kristal Si dan Ge murni adalah semi konduktor intrinsik. Elektron-elektron yang dikeluarkan dari bagian teratas pita valensi ke bagian pita konduksi karena energi termal adalah penyeban konduksi.



Tingkat fermi pada semi konduktor intrinsik pada pertengahan celah energi Karena perpindahan elektron dari pita valensi, maka pada pita valensi terjadi lubang di setiap  tempat  yang  ditinggalkan  elektron tersebut.

Suatu  semi  konduktor  intrinsik mempunyai lubang yang sama pada pita valensi dan elektron pada pita konduksi. Pada pemakaian elektron yang lari ke pita konduksi dari pita valensi, misalnya karena panas dapat   dipercepat   menggunakan   keadaan   kosong   yang   memungkinkan   pada   pita konduksi. Pada waktu yang sama lubang pita valensi juga bergerak tetapi berlawanan arah dengan gerakan elektron. Konduktivitas dari semi konduktor intrinsik tergantung konsentrasi muatan pembawa tersebut yaitu ne dan nh.

Semoga bermanfaat,



0 komentar:

Berlanggan artikel via email

Entri Populer

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites