Rabu, 29 Mei 2013

Sifat Kimia Benda Padat | ilmu Bahan Listrik

Setelah belajar tentang Sifat fisis, sifat Mekanis Benda Padat, kali ini kita akan belajar tentang sifat Kimia Benda Padat.

Berkarat adalah termasuk sifat kimia dari suatu bahan yang terbuat dari logam. Hal ini terjadi karena reaksi kimia dari bahan itu sendiri dengan sekitarnya atau bahan itu sendiri dengan bahan cairan. Biasanya reaksi kimia dengan bahan cairan itulah yang disebut  berkarat  atau  korosi.  Sedangkan  reaksi  kimia  dengan  sekitarnya  disebut pemburaman .

Sifat kimia adalah perubahan yang dialami suatu benda yang membentuk zat baru.
 ciri-ciri suatu zat yang berhubungan dengan terbentuknya zat jenis baru. Contoh sifat kimia antara lain mudah terbakar, mudah busuk, mudah meledak , beracun, dan berkarat (korosif).
Berikut ini pembahasan mengenai sifat-sifat kimia :

Mudah terbakar
Bensin termasuk zat yang mudah terbakar. Sehingga, di stasiun pengisian bahan bakar terdapat larangan “DILARANG MEROKOK“. Dengan mengetahui sifat dari bahan-bahan yang mudah terbakar, kita akan dapat menggunakannya secara aman.

Mudah busuk
Akibat terjadi reaksi kimia dalam suatu makanan atau minuman, dapat mengakibatkan makanan dan minuman tersebut membusuk dan berubah rasa menjadi asam. Misal, nasi yang dibiarkan berhari–hari bereaksi dengan udara menjadi basi, susu yang berubah rasa menjadi asam.

Berkarat
Reaksi antara logam dan oksigen dapat mengakibatkan benda tersebut berkarat. Logam, seperti : besi dan seng memiliki sifat mudah berkarat.

Mudah meledak
Interaksi zat dengan oksigen di alam ada yang mempunyai sifat mudah meledak, seperti : magnesium, uranium dan natrium.


Penggunaan bahan bahan dalam perencanaan instalasi listrik harus memperhatikan dimana letak nya, bagaimana kondisi lingkungan sekitarnya, apakah terletak pada daerah berdebu/lembab/panas/basah dsb. sehingga dipilih bahan yang tepat dan aman.


Berlanggan artikel via email

Entri Populer

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites