Friday, 10 May 2013

Rangkaian Half Adder | Elektronika Digital

Rangkaian Half Adder berarti rangkaian Penjumlahan

Tabel penambahan pada gambar 1(a) dapat kita anggap sebagai tabel kebenaran. Angka yang ditambahkan ada pada posisi masukan tabel. Pada gambar 3(a), masukan ini merupakan kolom masukan A dan B. Tabel kebenaran membutuhkan dua kolom keluaran, satu kolom untuk jumlah dan satu kolom untuk pindahan


Kolom jumlah diberi label dengan simbol E(Sigma). Kolom pindahan diberi label dengan Co.  Co singkatan untuk keluaran pindahan atau carry out. Simbol blok yang cocok untuk penambahan yang memberikan fungsi tabel kebenaran tersebut diperlihatkan pada gambar 3(b). Rangkaian ini disebut rangkaian penambah setengah. Rangkaian-penambah-setengah mempunyai masukan (A,B) dan dua keluaran (E,Co).
Lihat dengan teliti tabel kebenaran penambah-setengah pada gambar 3(a). Bagaimana bentuk boolean yang diperlukan untuk keluaran Co? Bentuk boolean itu ialah   kita membutuhkan dua gerbang AND dua masukan untuk membuat keluaran Co.
Sekarang bagaimana bentuk boolean untuk jumlah keluaran (E) dari setengah penambahan pada gambar 3(a)? Bentuk boolean tersebut ialah  . Kita dapat menggunakan dua gerbang AND dan satu gerbang OR untuk melakukan pekerjaan ini. Bila dilihat lebih dekat, anda akan mendapatkan bahwa pola ini juga merupakan gerbang XOR. Kemudian bentuk boolean yang disederhanakan menjadi  Dengan kata lain kita hanya memerlukan satu gerbang XOR 1-masukan untuk menghasilkan keluaran jumlah tersebut.

Dengan menggunakan gerbang AND dua masukan, suatu diagram simbol logika untuk penambahan setengah kita nyatakan pada gambar 4. rangkaian penambah_setengah hanya menambahkan kolom LSB (kolom 1) pada persoalan penambah biner. Untuk bagian 2-an, 4-an, 8-an, 16-an dan sebagainya, dalam penambahan biner, harus kita gunakan rangkaian yang disebut penambah lengkap.




0 komentar:

Berlanggan artikel via email

Entri Populer

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites