Friday, 10 May 2013

Prinsip Kerja D Flip Flop

Setelah belajar mengenai RS Flip Flop kita akan membahas mengenai D flip flop

Flip-flop D itu mendapatkan namanya karena kemampuannya memindahkan ‘data’ ke dalam flip-flop. Rangkaian flip-flop itu pada dasarnya adalah rangkaian flip-flop RS dengan sebuah pembalik di masukan R nya. Adanya penambahan pembalik itu mengurangi banyaknya masukan dari dua menjadi satu. Disamping itu karena keluaran Q tidak akan menerima masukan D sampai datangnya suatu pulsa waktu, bentuk itu sering juga disebut sebagai flip-flop tertunda (delay flip-flop)

.

Flip-flop D yang ditunjukkan pada gambar a merupakan modifikasi flip-flop RS menurut waktu. Gerbang NAND 1 dan 2 membentuk suatu flip-flop dasar. Gerbang 3 dan 4 mengubahnya menjadi suatu flip-flop menurut waktu. Masukan D langsung diberikan ke masukan S dan komplemennya melalui gerbang 5, dikenakan ke masukan R. Selama masukan pulsa waktu 0, gerbang 3 dan 4 mempunyai nilai 1 pada keluarannya, tanpa memandang nilai masukannya yang lain.

Hal itu sesuai dengan persyaratan bahwa kedua masukan flip-flop NAND dasar tersebut (gambar b) pada awalnya mempunyai nilai logika 1. Masukan D dicacah (sampled) selama adanya pulsa waktu. Jadi pada saat masukan D sama dengan 1, keluaran gerbang 3 menjadi 0 sehingga mengakibatkan flip-flop itu menjadi dalam keadaan set (kecuali bila flip-flop itu telah berada dalam keadaan set sebelumnya). Jika masukan D itu sama dengan 0, keluaran gerbang 4 menjadi 0 yang mengubah flip-flop tersebut menjadi dalam keadaan bebas.

Diagram Logika Flip Flop D

Lambang untuk flip-flop D menurut waktu itu diberikan pada gambar b. Seperti halnya dengan setiap flip-flop menurut waktu, flip-flop D juga dilengkapi dengan masukan SET dan CLR. Persamaan karakteristiknya diturunkan dengan peta karnaugh di (c) dan tabel karakteristik flip-flop D itu diberikan oleh tabel 6.2. Persamaan karakteristik itu membuktikan bahwa keadaan berikutnya pada flip-flop tersebut sama seperti masukan D dan tidak tergantung pada nilai keadaan sekarang

.

Tabel karakteristik D flip-flop 

Semoga bermanfaat,

Berlanggan artikel via email

Entri Populer

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites